Breaking News
SOSIALISASI HIV-AIDS

SOSIALISASI HIV-AIDS

PADA TANGGAL 01 DESEMBER 2016 – Waka Kesdam Iskandar Muda letkol Ckm drg. SUSANTO M.Kes Membrikan Sambutan penyuluhan dan pemeriksaan HIV-AIDS kepada ratusan Personel dan persit Kodam Iskandar Muda di Balai Teuku Umar, Makodam IM. 


Penyuluhan HIV-AIDS tersebut mengangkat tema “Mari Kita Berubah, Masa Depan Gemilang Tanpa Penularan HIV”.
Penyuluhan tersebut disampaikan oleh Mayor Ckm Dr. Arvianto, Sp.Anastesi. Selain itu menghadirikan narasumber dari KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) Prov Aceh Zulfendi, SKM, S.Si, BMT.
Zulfendi, SKM, dalam materinya mengatakan bahwa ODHA (orang yang terkena HIV-AIDS). ODHA adalah penjina yakni penyakit yang dapat menular dan saat ini tidak ada obatnya.
Ia mengatakan HIV tersebut dapat menular dengan hubungan seksual melalui anus, Vagina/lubang senggama atau mulut dengan pengidap HIV/AIDS yang tidak terlindung (tanpa kondom). Selain itu, melalui transfusi darah yang berasal dari pengidap HIV atau penggunaan jarum suntik secara bergantian (Injecting Drug User/IDU) dan melalui ibu hamil pengidap HIV kepada bayi yang dikandungnya, yang dapat terjadi pada proses melahirkan atau waktu menyusui.
Ada beberapa cara untuk menghindarinya, lanjut Zulfendi, SKM, gunakanlah Kondom saat berhubungan seksual, selain itu gunakan rumus ABCD yakni, Abstinence (jauhi sex), Be faithful (bersikap lah saling setia pada satu pasangan), Condom (gunakan kondom pada saat melakukan hubungan seksual) dan  Drug (jangan sekali-kali memakai narkoba, apalagi dengan pemakaian jarum suntik secara berganti-gantian)













"JANGAN SEKALI-SEKALI MELUPAKAN SEJARAH, KARENA BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG  MENGHARGAI JASA PARA PAHLAWANNYA"